Jumat, 04 Januari 2019

sejarah motor suzuki

Sejarah motor Suzuki Bandit

Bandit 400 & 250

sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 400
Awal kisah Suzuki Bandit dimulai dari versi 400cc dan 250cc yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1989. Perannya saat itu sebagai alternatif dari GSX-R series yang bagi sebagian orang memiliki spesifikasi terlalu tinggi sehingga harganya pun relatif mahal.
sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 250
Iya… GSX-R memang identik dengan karakter kencang, exciting dan eksotik dan ditempatkan sebagai motor dengan kasta tertinggi dari brand “S”. Karena itulah Suzuki Motor Co. (Jepang) mengembangkan Bandit sebagai motor yang tetap buas tapi dengan spesifikasi yang lebih rendah dan lebih bersahabat.
Tapi jiga tidak kalah exciting dari GSX-R series lantaran mesinnya identik.

Suzuki Bandit GSF600, GSF750 & GSF1200

sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 750
Pada generasi selanjutnya, Suzuki menaikkan Bandit series ke kelas yang lebih tinggi menjadi 600cc, 750cc dan 1200cc dengan konsep yang tetap sama tapi detail berbeda. Dari sinilah dimulainya popularitas Suzuki Bandit sebagai motor berkaspasitas mesin besar.
sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 1200
Suzuki merilis Bandit 600 dan Bandit 1200 pada tahun 1995, sementara Bandit 750 dirilis pada tahun berikutnya, 1996.
sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 600
Di era ini, target pasar Suzuki untuk klan Bandit pun semakin meluas. Jika pada generasi 400 & 250 wilayah pasarnya hanya untuk lokal Jepang, maka di kelas 600, 750 dan 1200, marketnya meluas hingga ke pasar ekspor.
Di era ini, basis mesin pun berpaling dari seri GSX dan berpindah ke mesin GSX-F sport tourer.
Secara performa, mesin GSX-F lebih inferior dari GSX-R… Tapi secara karakter, dia justru lebih user friendly…
Secara basis desain, Bandit 600, 750 dan 1200 tetap sama, baik itu pada sektor frame atau pun bagian kaki-kaki. Konsepnya tetap dengam karakter asal Bandit, yakni tetap simple sehingga secara harga tetap di bawah GSX-R.
Tetap berbeda dan tetap unik dengan khas klan Bandit…

Sejarah motor Suzuki Bandit di era millenium

sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 650
Memasuki millenium kedua (dekade 2000-an), Suzuki memutuskan untuk menghentikan produksi Bandit original, yakni GSF250 dan GSF400 di Jepang. So… hanya tersisa versi moge-nya saja di dalam lini produksi Suzuki. Dari sini pula Bandit menjadi lebih populer di Eropa karena memang basis marketnya lebih fokus ke pasar ekspor.
sejarah motor suzuki bandit
Suzuki Bandit 1250

Tidak ada komentar:

Posting Komentar